Mengenal Jenis Peralatan Tangan (Hand Tools)

Mengenal Jenis Peralatan Tangan (Hand Tools) - Setiap pekerjaan dibengkel pasti memerlukan peralatan yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan. Contohnya pada saat kita akan melepas roda mobil, kita akan membuka baut roda mobil menggunakan kunci roda tidak mungkin kita melepas baut roda mobil menggunakan tangan kosong. Bisa tapi kita harus punya kekuatan/momen yang besar. Jelas KONYOL!!!!!!!!!

Kunci roda merupakan kunci yang khusus digunakan untuk membuka baut pada roda kendaraan seperti mobil, truk dan bus. Kunci roda termasuk dalam peralatan tangan karena cara pengoperasiannya menggunakan tangan/tenaga manusia.

Ada banyak peralatan tangan yang digunakan dibidang otomotif, antara lain : kunci pas, kunci ring, kunci kombinasi, kunci soket, berbagai jenis palu, tang, obeng dan masih banyak lagi.

Selain peralatan bengkel otomotif, ada peralatan tangan lain yang perlu kita pelajari yaitu peralatan kerja bangku. Peralatan kerja bangku adalah peralatan yang digunakan untuk mengerjakan benda kerja seperti pelat dengan menggunakan bangku kerja berupa ragum. Salah satu peralatan kerja bangku yang sering digunakan ialah kikir. Kikir digunakan untuk meratakan permukaan benda dan membentuk benda kerja sesuai dengan bentuk yang diinginkan serta biasanya untuk proses finising/proses akhir pengerjaan benda kerja.

Selain kikir ada juga beberapa jenis peralatan kerja bangku yang ada dibengkel, seperti : Gergaji, Snei, Penggores, Penggaris siku, dan masih banyak lagi. Sebelum memulai belajar, kita biasakan untuk berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing - masing agar kita dapat mengamalkan ilmu dengan baik.

TERPOPULER

TERBARU

SOAL PENJASKES SEPAKBOLA SMK/SMA

SOAL SOAL PELAJARAN PENJASKES PERMAINAN SEPAKBOLA UNTUK SMK DAN SMA SERTA JAWABANNYA!!!!! Tendangan keras kearah gawang untuk menghasilk...

Gambar tema oleh centauria. Diberdayakan oleh Blogger.