Pengertian Alat Ukur Mekanik



Pengertian Alat Ukur Mekanik - Dalam melakukan kegiatan sehari – hari, kita selalu menggunakan alat ukur untuk menyatakan nilai/kualitas suatu benda. Contohnya saat kita mengukur panjang balok dengan menggunakan penggaris, hasil yang diperoleh adalah 7 cm. Penggaris adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur suatu benda, sedangkan cm adalah salah satu satuan yang digunakan untuk menyatakan panjang suatu benda. Dalam bidang teknik otomotif, penggunaan alat ukur sangatlah penting, terutama pada saat pemeriksaan kondisi komponen otomotif. Pada kesempatan ini kita akan belajar mengenai alat ukur mekanik. Banyak sekali jenis alat ukur mekanik yang digunakan dibengkel otomotif, seperti jangka sorong, dial indikator, mikrometer, cylinder gauge, dan masih banyak lagi. 

Salah satu jenis alat ukur mekanik ialah jangka sorong. Apa fungsi jangka sorong? Jangka sorong/vernier caliper digunakan untuk mengukur diameter luar/panjang, diameter dalam, dan kedalaman suatu komponen/benda. jangka sorong/vernier caliper memiliki ketelitian lebih ketimbang penggaris. Pada kesempatan berikut, kita akan belajar mengenai jenis satuan pada alat ukur mekanik, jenis dan spesifikasinya, serta cara menggunakan alat ukur, cara membaca hasil pengukuran pada alat ukur mekanik. 


Sebelum belajar mengenai alat ukur mekanik, biasakan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya kita dapat mengamalkan materi pelajaran dengan baik. Untuk selanjutnya kita akan Mengenal Satuan Alat Ukur Mekanik.

TERPOPULER

TERBARU

SOAL PENJASKES SEPAKBOLA SMK/SMA

SOAL SOAL PELAJARAN PENJASKES PERMAINAN SEPAKBOLA UNTUK SMK DAN SMA SERTA JAWABANNYA!!!!! Tendangan keras kearah gawang untuk menghasilk...

Gambar tema oleh centauria. Diberdayakan oleh Blogger.